Bareskrim Polri Bongkar Praktek Ilegal Logging di Kubu Raya dan Terapkan TPPU

- Sabtu, 24 September 2022 | 10:14 WIB
Dittipiter Bareskrim Polri Bongkar Praktek Ilegal Logging di Kubu Raya dan Kabupaten Ketapang (Foto: koransaku.com/Ngadri)
Dittipiter Bareskrim Polri Bongkar Praktek Ilegal Logging di Kubu Raya dan Kabupaten Ketapang (Foto: koransaku.com/Ngadri)

KORANSAKU - Bareskrim Polri berhasil mengungkap praktek ilegal logging di Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat pada 7 September 2022. Sebanyak 10,6 kubik kayu olahan disita dan ada ribuan kubik kayu olahan yang masih dalam proses penghitungan oleh saksi ahli.

Direktur Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri Brigjend Pol Pipit Rismanto mengatakan, bahwa praktek ilegal logging saat ini dilakukan tidak seperti dahulu yang terang-terangan tapi modusnya menggunakan dokumen namun dokumen satu tapi digunakan untuk mengangkut kayu berulang kali.

Baca Juga: Resep Membuat Udang Goreng Asam Dengan 12 Bahan Berikut Ini

"Modusnya satu dokumen digunakan untuk mengangkut kayu berulang kali. Dan kayu yang diangkut asal usul nya juga bukan dari hutan yang ada di dokumen," ujar Pipit dikutip Sabtu 24 September 2022.

Tersangka S pelaku ilegal logging diamankan Dittipiter Bareskrim Polri (Foto: koransaku.com/Ngadri)

Ia menambahkan dari pengungkapan kasus ilegal logging tersebut ada satu orang berinisial S telah ditetapkan sebagai tersangka. Dan penetapan tersangka terhadap S juga ada 22 saksi yang dimintai keterangan.

"Satu orang pengendali CV. SMA dan CV.BGI telah kita terapkan sebagai tersangka. Peran dalam kasus ini S sebagai pengendali kegiatan Industri primer di Sungai Ambawang dan kegiatan pengelolaan kayu di Kabupaten Ketapang,"tambah Pipit.

Baca Juga: Dittipiter Bareskrim Polri Sita 10,6 Kubik Kayu di Kubu Raya dan Tangkap Cukong Inisial S

Lebih lanjut Pipit mengatakan bahwa ribuan Kayu yang diamankan rencana nya akan di ekspor ke negara Korea Selatan dan Eropa. Dan dari data yang dihimpun oleh tim penyidik ada dua CV . SMA melakukan ekspor sebanyak 18 kali dan CV PDS sebanyak 3 kali.

Halaman:

Editor: Ngadri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Kalbar Bakar Barang Bukti Sabu 3 Kg

Sabtu, 5 November 2022 | 06:38 WIB

Polres Sintang Tangkap Tiga Pelaku Pengedar Narkoba

Jumat, 7 Oktober 2022 | 13:38 WIB

Polda Kalbar Janji Tindak Kegiatan Ilegal Logging

Sabtu, 24 September 2022 | 23:42 WIB

Polres Sanggau Musnahkan 4 Kg Narkoba Asal Malaysia

Kamis, 22 September 2022 | 10:56 WIB

Polres Kubu Raya Tertibkan SPBB di Desa Kubu

Jumat, 9 September 2022 | 21:05 WIB