Kue Tradisional Apem Kukus Gula Merah Rasanya Kenyal dan Gurih, Begini Cara Membuatnya

- Jumat, 16 September 2022 | 10:30 WIB
Kue apem kukus gula merah (Foto: Instagram @kuetradisionalindonesia)
Kue apem kukus gula merah (Foto: Instagram @kuetradisionalindonesia)

KORANSAKU - Kue apem kukus gula merah adalah kue tradisional yang biasa digunakan untuk acara baca doa oleh warga suku Jawa. Kue apem juga sudah menjadi Kue khas Indonesia.

Kue apem ini terbuat dari tepung beras dan terigu. Rasanya manis dan gurih cocok untuk sarapan pagi atau sore sambil minum satu gelas kopi.

Nah jika Anda ingin membuat kue apem coba ikuti cara membuatnya seperti dirangkum koransaku.com dari Instagram @ kuetradisionalindonesia yang dikutip Jumat 16 September 2022.

Baca Juga: Polres Bengkayang Amankan Sejumlah Pelajar yang Akan Tawuran

Makan kue apem juga cocok sambil ngeteh sambil ngobrol bareng kaluarga. Teksturnya padat tapi empuk dan sedikit kenyal, manisnya pas dan gurihnya juga dapet dari kelapa tabur nya. Bikinnya gampang banget ini

Bahan:
120 g tepung beras
100 g terigu
30 g tepung maizena
200 ml santan + 100 ml air
2 sdm minyak
150 gula merah diiris supaya cepat larut
2 sdm gula pasir
1,5 sdt fermipan
1/2 sdt baking powder
Sejumput garam
1 lembar daun pandan ditali simpul.
Secukupnya kelapa campur garam, kukus 15 menit.

Baca Juga: Tips Membuat Cemilan Pisang Goreng Krispi Renyah dan Gurih

Cara Membuat:
Masak air, gula merah, gula pasir, daun pandan dan garam sampai gula larut. Tambahkan santan. Masak sampai pinggirannya berbuih tidak perlu sampai mendidih supaya tidak pecah. Biarkan sampai hangat kuku.
Campur tepung beras, terigu, maizena, baking powder dan fermipan. Aduk rata tuangi sirup gula merah sambil diaduk sampai licin dan halus /tidak ada yg ber gerindil.

Masukan minyak. Aduk rata. Tutup dengan serbet. Diamkan 45-60 menit sampai mengembang dan bergelembung. Aduk sebentar dengan spatula ( jangan kenceng2 yaa ngaduknya )
Taruh takir daun/ cetakan dalam kukusan yang sudah dipanaskan lalu tuang adonan setinggi 3/4 cetakan ( jangan sampai penuh karena setelah mateng kuenya ngembang) .

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: Instagram @kuetradisionalindonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Membuat Kue Tradisional Nagasari Isi Pisang

Kamis, 1 Desember 2022 | 05:58 WIB