Tips Menanam Pohon Tomat di Polibag Supaya Cepat Berbuah Lebat

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 06:27 WIB
Pohon tomat (Foto: Pixabay)
Pohon tomat (Foto: Pixabay)

KORANSAKU - Anda hobi menanam pohon, tapi tidak memiliki lahan? Anda Jangan bingung. Untuk menanam pohon bisa menggunakan pot atau polibag. Salah satu tanaman yang bisa ditanam di polibag adalah tomat.

Tanaman ini bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi mulai dari 0-1500 meter, tergantung dari varietasnya. Tanaman tomat menghendaki tanah yang subur dan gembur, dengan pH sekitar 5,5-7.

Di alam bebas pohon tomat berbentuk seperti perdu, ketinggiannya bisa mencapai tinggi 3 meter. Namun setelah dibudidayakan tinggi tanaman ini tidak lebih dari 2 meter dan biasanya ditopang oleh ajir atau tali untuk menahan agar tidak roboh.

Baca Juga: Resep Mengolah Udang Goreng Asam Pedas Dijamin Lezat

Tanaman tomat bisa tumbuh baik di berbagai media seperti lahan terbuka, hidroponik, taman vertikultur dan media pot atau polybag. Pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan tentang cara menanam tomat dalam polybag. Bila ingin mengetahui bercocok tanam tomat skala besar di lahan terbuka baca panduan umum budidaya tomat .

Pemilihan jenis tanaman

Secara umum, orang membedakan tomat dari bentuk buahnya. Terdapat empat golongan tomat yang banyak beredar di pasaran yakni, (1) Tomat buah atau granola, bentuk bulat dengan pangkal mendatar (2) Tomat gondol, bentuk lonjong biasa digunakan sebagai bahan baku saus, (3) Tomat sayur, teskturnya keras rasanya tomat sedikit kecut, (4) Tomat cherry, bentuknya kecil rasanya manis kecut.

Cara menanam tomat dalam polybag sulit. Langkah pertama pilih jenis tomat dan varietas yang akan ditanam. Sesuaikan lokasi tempat budidaya dengan varietas tomat yang akan dipilih, terutama untuk kondisi iklim dan ketinggian tempat.

Baca Juga: Kemenpora Siap Mendukung Para Entrepreneur Muda Yang Berbakat dan Berprestasi

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Tips Membeli Telur yang Kualitasnya Bagus dan Baik

Kamis, 17 November 2022 | 15:24 WIB

Tata Cara Salat Gerhana Bulan Lengkap Dengan Doanya

Senin, 7 November 2022 | 08:55 WIB