6 Poin TOR Liputan Khusus Investigasi Wartawan

- Minggu, 28 Agustus 2022 | 12:39 WIB
Ilustrasi reportase wartawan (Foto: Pixabay)
Ilustrasi reportase wartawan (Foto: Pixabay)

KORANSAKU - Profesi Jurnalis adalah pekerjaan yang mulia dan tidak semua orang mampu menjalankan profesi ini. Hanya orang yang punya jiwa idealis independen dan bertanggungjawab.Pastinya kamu sudah tidak asing dengan profesi jurnalis yang sangat penting di dalam dunia berita.

Dilansir dari berbagai sumber Jurnalis adalah seseorang yang bertugas serta bertanggung jawab dalam memberikan dan membuat berita yang valid untuk pembaca di media. Jenis berita yang dibuat pun bermacam-macam, yaitu soft news, hard news, dan feature. Namun, apa bedanya jurnalis dengan wartawan dan reporter? Mari mengenal lebih jauh profesi jurnalis di bawah ini.

Apa itu jurnalis?

Jurnalis adalah seseorang yang bertugas serta bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan jurnalistik, seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik tak terbatas hanya di koran saja, lho! Majalah, radio, televisi, bahkan media online juga masih menjadi salah satu ranah pekerjaan dari seorang jurnalis.

Baca Juga: Resep Membuat Ikan Kakap Bumbu Rujak Dengan 7 Bumbu Berikut Ini Rasanya Lezat Banget

Jurnalis sering dianggap wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian, maka dari itu seorang jurnalis harus memberikan berita seaktual mungkin. Seorang jurnalis biasanya dibantu oleh editor untuk mengedit dan mengkurasi berita yang masuk. Hal ini bertujuan agar isi dari berita tetap terjaga kualitasnya serta mudah dibaca dan dipahami oleh audiens.

TOR Liputan Khusus dikutip dari Laman Jurus Jadi Wartawan:

TOR (Term Of reference) adalah perencanaan wawancara atau liputan. TOR merupakan panduan umum bagi rencana wawancara dan liputan. TOR sangat penting keberadaan, karena akan membuat wawancara lebih terfokus, jelas arahnya, jelas targetnya, jelas topik yang akan dibahas.

TOR akan mempermudah pewawancara memahami poin dan urutan pertanyaan. Namun pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam TOR tidak bisa dijadikan patokan utama ketika proses wawancara berlangsung, karena pertanyaan lain diluar TOR bisa muncul ketika proses wawancara berlangsung.

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

8 Tips Membeli Telur yang Kualitasnya Bagus dan Baik

Kamis, 17 November 2022 | 15:24 WIB

Tata Cara Salat Gerhana Bulan Lengkap Dengan Doanya

Senin, 7 November 2022 | 08:55 WIB