Banjir Bandang Terjang Kapuas Hulu, 5 Kecamatan Terendam

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 01:00 WIB
Banjir Bandang di Kabupaten Kapuas hulu Provinsi Kalimantan Barat (Foto:kapuashulukab.go.id)
Banjir Bandang di Kabupaten Kapuas hulu Provinsi Kalimantan Barat (Foto:kapuashulukab.go.id)

KORANSAKU - Hujan lebat yang melanda Kapuas Hulu pada Jumat (05/08/2022) membuat anak sungai meluap dan mengakibatkan sejumlah wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu mulai tergenang.

Data dari BPBD Kapuas Hulu menunjukkan ada 5 kecamatan dan 10 desa yang sudah terendam banjir. Warga yang berada di pinggiran Sungai Kapuas pun mulai mengungsi dan berkemas barang untuk mengantisipasi banjir.

Salah satu warga Desa Sibau Hilir Kecamatan Putussibau Utara mengatakan, sedikit lagi volume air sungai akan mencapai rumah mereka. Takut akan banjir melanda, mereka yang tinggal di rumah Betang Panggilingan RT 4 tersebut sudah mulai pindah ke tempat lebih tinggi.

Baca Juga: 6 Cara Membuat Mangga Milk Cheese Kekinian dan Dijamin Segar

“Di Betang kami sudah gak ada orang, sudah pindah,” katanya dikutip dari kapuashulukab.go.id Sabtu 6 Agustus 2022.

Ditambahkan lagi salah satu warga Desa Tanjung Jati Kecamatan Putussibau Selatan mengatakan, bahwa air sungai sudah mulai masuk dengan cepat, warganya pun sudah mulai mengemaskan baramg-barang yang ada ketempat lebih tinggi.

“Warga kami sudah bekemas barang, air cepat naik. Tapi untuk akses jalan belum ada yang acap saat ini,” tuturnya.

Sementara Rusdi Hartono, Camat Putussibau Utara mengatakan di beberapa desa di wilayahnya seperti di Mendalam dan Sibau Hulu serta Sibau Hilir sudah terendam air.

“Kita imbau agar seluruh warga masyarakat khususnya Putussibau Utara tetap waspada terhadap ancaman bencana banjir, tanah longsor, serta wabah Demam Berdarah dan Diare yang banyak menimpa warga sekarang ini,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Ngadri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Joko Widodo Resmikan RSUD Soedarso Pontianak

Selasa, 9 Agustus 2022 | 20:39 WIB