Polda Kalimantan Barat Tangani 12 Kasus Karhutla pada Tahun 2022

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 13:20 WIB
Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro saat memimpin apel kesiapan Ops kebakaran hutan dan lahan (Foto: dok Humas Polda Kalbar)
Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro saat memimpin apel kesiapan Ops kebakaran hutan dan lahan (Foto: dok Humas Polda Kalbar)

KORANSAKU - Dalam rangka melakukan pencegahan dan menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Kalbar, Polda Kalbar menggelar apel Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 Tahap II, pada Jum'at, 19 Agustus 2022.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Suryanbodo Asmoro, mengatakan, Provinsi Kalimantan Barat termasuk salah satu provinsi yang rawan terjadi Kebakaran hutan. Faktor pemicu terjadinya karhutla ini yaitu membuka lahan dengan cara dibakar, kemudian ini perlu menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, swasta dan masyarakat dalam mengantisipasi serta menanggulangi Karhutla di Kalbar tahun 2022.

"Dampak efek yang akibatkan karhutla antara lain, Gangguan kesehatan, menggangu aktivitas belajar di sekolah, menggangu transportasi udara, darat dan laut, menghambat pertumbuhan ekonomi, menimbulkan isu internasional akibat asap yang sampai ke negara lain, kerusakan lingkungan hidup,"ujarnya.

Baca Juga: Polres Kayong Utara Gelar Apel Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

Menurutnya, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan bencana kabut asap, Polda Kalbar menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas 2022 tahap II selama 21 hari dimulai pada tanggal 19 Agustus sampai 8 September 2022.

"Lebih mengedepankan upaya pencegahan dan penanggulangan didukung dengan penegakan hukum apabila ditemukan adanya pelanggaran atau tindak pidana," ungkap Kapolda Kalbar.

Jendral Bintang Dua itu menambahkan, penegakan hukum karhutla yang dilakukan Polda Kalbar pada tahun 2021 sebanyak 92 kasus dengan 94 tersangka dan di tahun 2022 sebanyak 12 kasus dengan 12 tersangka.

Baca Juga: 9 Bahan Memasak Telur Balado Enaknya Luar Biasa Bakalan Ketagihan

Pada bulan Juli lalu, Polda Kalbar telah mengikuti rapat koordinasi khusus tema karhutla yang dipimpin oleh menkopolhukam, menyampaikan atensi bapak Presiden bahwa Indonesia tidak boleh mengekspor asap ke negara lain.

Halaman:

Editor: Ngadri

Tags

Artikel Terkait

Terkini