Seekor Orangutan Tertangkap Kamera Jebak di Cagar Alam Pararawen Kalteng

- Minggu, 22 Januari 2023 | 11:17 WIB
Orangutan tertangkap kamera jebak di hutan Pararawen Kalimantan Tengah (Foto: KLHK)
Orangutan tertangkap kamera jebak di hutan Pararawen Kalimantan Tengah (Foto: KLHK)

KORANSAKU - Seekor orangutan tertangkap kamera jebak yang dipasang di Cagar Alam Pararawen, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Selama ini, keberadaan orangutan di Cagar Alam Pararawen tidak pernah terdeteksi. 

Kawasan konservasi yang berada di Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah  ini ditunjuk sebagai cagar alam pada tahun 1979. Dalam SK Penunjukan kawasan konservasi CA Pararawen, orangutan tidak pernah disebut sebagai salah satu nilai penting kawasan.

Baca Juga: Maxim Berikan Bantuan Rp 20 Juta Kepada Mitra Pengemudi yang Mengalami Kecelakaan

Informasi dari masyarakat desa yang berada di sekitar kawasan Cagar Alam Pararawen, yang secara turun temurun mendiami dan menggantungkan hidupnya dari kawasan sekitar Cagar Alam Pararawen, juga tidak pernah sekalipun bertemu, menjumpai atau mendengar suara orangutan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, Sadtata Noor Adirahmanta, mengatakan, keberadaan orangutan di Cagar Alam Pararawen tentu menambah informasi kekayaan keanekaragaman hayati di dalamnya.

Baca Juga: Komisi Disiplin PSSI Sanksi Persib Bandung dan Persija Jakarta

“Semoga populasi orangutan di Cagar Alam Pararawen dapat terus terjaga dan mampu menjalankan fungsi ekosistem di dalamnya,” ujar Sadtata dilansir dari situs resmi KLHK pada Minggu, 22 Januari 2023.

Ia menambahkan, Informasi tentang keberadaan orangutan di kawasan ini hanya berdasarkan laporan masyarakat yang menyampaikan pertemuannya dengan orangutan di dalam kawasan yakni pada tahun 2020 dan 2021.

Baca Juga: Nge-charge Mobil Listrik di Rumah Lebih Hemat, Ada Promo Sambung Listrik dari PLN

Halaman:

Editor: Ryan Restu Putra

Sumber: KLHK

Tags

Artikel Terkait

Terkini