Keanekaragaman Hayati dan 7 Hewan di Hutan Mangrove

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Hutan Mangrove di Desa Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Foto: Egi Suriyono/koransaku.com)
Hutan Mangrove di Desa Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Foto: Egi Suriyono/koransaku.com)

KORANSAKU - Hutan Mangrove atau hutan bakau selain menjadi tempat wisata yang menarik juga merupakan tempat ekosistem perairan laut darat dan pantai. Kondisi tersebut menjadikan hutan mangrove atau hutan memiliki keanekaragaman hayati yang tidak kalah tinggi dibanding jenis hutan lain.

Hutan mangrove merupakan wilayah dengan varietas vegetasi berupa pepohonan atau semak-semak yang tumbuh di daerah yang terkena pasang surut air laut. Hutan mangrove tidak hanya tertuju untuk satu jenis tanaman saja. Pepohonan bakau (Rhizophora sp.) merupakan salah satu spesies penyusun kawasan mangrove. 

Baca Juga: Tim Khusus Polri Hari Ini Periksa Irjen Ferdy Sambo Sebagai Tersangka Pembunuhan Brigadir J

Hewan hutan mangrove ini kebanyakan memang ditemukan hanya pada varietas komunitas pantai tropik dan subtropik. Dilansir dari lindungihutan.com terdapat beberapa hewan hutan mangrove yang akan diperkenalkan dibawah ini diantaranya yaitu:

1. Kepiting 

Hewan hutan mangrove yang pertama adalah kepiting dengan berbagai jenis. Keberadaan kepiting tentu akan banyak ditemukan ketika kamu bermain ke wilayah hutan mangrove.

Terdapat beberapa jenis kepiting yang menghuni hutan mangrove.

A. Kepiting Bakau (Scylla spp.)

Kepiting bakau biasa ditemukan di pantai-pantai pesisir Afrika, Asia, Australia, dan Indonesia. Kepiting bakau memiliki permukaan kulit yang licin.

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini