Sejumlah Pengendara Motor Lewati Jalan Trotoar di Jembatan Tol Dua

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:36 WIB
Sejumlah pengendara motor melewati jalan trotoar di Jembatan Tol Dua Kubu Raya (Foto: screenshot video TKP Pontianak)
Sejumlah pengendara motor melewati jalan trotoar di Jembatan Tol Dua Kubu Raya (Foto: screenshot video TKP Pontianak)

KORANSAKU - Penggunaan Jalan trotoar sesuai aturan adalah untuk pejalan kaki bukan untuk pengendara motor. Tapi aturan tersebut belum di patuhi oleh sebagian orang seperti salah satu contoh jalan trotoar di Jembatan Tol 2 dilalui oleh pengendara motor.

Penggunaan jalan trotoar oleh sejumlah pengendara tersebut viral di video yang di-posting oleh akun Facebook TKP Pontianak pada Jumat 13 Agustus 2022.

Sebagaimana diketahui Penggunaan trotoar menurut pasal 131 ayat (1) UU LLAJ merupakan hak pejalan kaki. Hal ini berarti trotoar diperuntukkan untuk kepentingan pejalan kaki, bukan untuk kepentingan pribadi dan kepentingan-kepentingan lain.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Setelah Haid Lengkap Dengan Doanya

Kemudian selanjutnya Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 45, definisi trotoar adalah salah satu fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas. Pada pasal 131 diatur bahwa pejalan kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan dan fasilitas lain.

Bagi yang belum tahu, ancaman sanksi bagi pelanggar atau menggunakan trotoar sebagaimana mestinya antara lain diatur di pasal 274 ayat 2 dimana setiap orang yang melakukan perbuatan yang mengakibatkan gangguan pada fungsi kelengkapan jalan dipidana dengan penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta.

"Sejumlah motor terlihat mengantri saat jalur yang diperuntukkan untuk para pejalan kaki dilewati oleh pemilik jalur sesungguhnya yaitu pejalan kaki.Hal ini kembali terjadi dikawasan jembatan kapuas II atau biasa disebut Tol 2," tulis akun Facebook TKP Pontianak.

Baca Juga: Tips Menanam Pohon Tomat di Polibag Supaya Cepat Berbuah Lebat

Pada rekaman yang diambil lewat ponsel pengendaran mobil dijembatan terlihat sejumlah motor antri dan pasrah menunggu dua orang pemuda yang berjalan kaki yang hendak menyebrang melawati jembatan kapuas II ini.

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: Facebook

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim SAR Pontianak Temukan Jasad Kalsum di Sungai Sanggau

Minggu, 20 November 2022 | 18:19 WIB

Warga Singkawang Terharu Dapat Listrik Gratis dari PLN

Senin, 14 November 2022 | 15:55 WIB

Kapolres Kubu Raya Ajak Masyarakat Ngopi Bareng

Minggu, 13 November 2022 | 19:03 WIB

Kapolri Pastikan Kegiatan KTT G20 Berlangsung Lancar

Kamis, 10 November 2022 | 16:52 WIB

Kapolda Kalbar Minta Media Sajikan Berita Utuh

Rabu, 9 November 2022 | 13:20 WIB