Update Prakiraan Cuaca Ekstream Kalimantan Barat 24 Hingga 31 Januari 2023

- Jumat, 27 Januari 2023 | 13:12 WIB
Cuaca ekstrem  (Foto: pixabay )
Cuaca ekstrem (Foto: pixabay )

KORANSAKU – Badan Metereologi dan Geofisikan Pontianak mengeluarkan prakiraan cuaca ekstream berupa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat berpotensi terjadi tanggal 24 – 31 Januari 2023 di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat.

“Seluruh masyarakat Kalbar diimbau untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang terjadi seperti adanya pohon tumbang, kerusakan atap rumah akibat angin kencang, jalan menjadi lebih licin, munculnya genangan/banjir, tanah longsor, dan dampak bencana hidrometeorologi lainnya yang dapat menghambat aktivitas.”dilansir dari bmkg_kalbar pada Jumat, 27 Januari 2023.

Baca Juga: Baim Bersama ADA band, Lagu 'Ough' bikin Netizen Nostalgia

Diprakirakan potensi terjadi hujan lebat di wilayah Pesisir Barat Kalbar lebih tinggi, yaitu di Kab./Kota : Sambas, Singkawang, Bengkayang, Mempawah, Pontianak, Kubu Raya, Kayong Utara dan Ketapang. Pada wilayah - wilayah tersebut lebih perlu diwaspadai potensi terjadinya bencana hidrometeorologi.

“Diprakiraan tinggi gelombang tanggal 24 - 30 Januari 2023 :gelombang kategori Tinggi (2.5 – 4.0 meter) berpotensi terjadi di Laut Natuna.gelombang kategori Sangat Tinggi (4.0 – 6.0 meter) berpotensi terjadi di Perairan Kep. Anambas, Perairan Barat Kep. Natuna, Perairan Selatan Kep. Natuna - P. Midai, Perairan Kep. Subi - Serasan, Laut Natuna Bag. Utara dan Perairan Utara Sambas gelombang kategori Ekstrem (>6.0 meter) berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara, dan Perairan Utara Kep. Natuna,’’tulisnya.

Baca Juga: Gunakan PLN Mobile Terus, Siapa Tahu Menang Undian Mobil Listrik Minggu Ini

Diimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di area sekitar pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada. Masyarakat diimbau juga untuk terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG, melalui : Website https://kalbar.bmkg.go.id; Akun media sosial terverifikasi : BMKG Kalbar;Aplikasi iOS dan android "Info BMKG"; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Editor: Ryan Restu Putra

Sumber: BMKG Kalbar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Timnas Indonesia Bungkam Burundi 3-1 di Pakansari

Minggu, 26 Maret 2023 | 04:01 WIB

Pria di Ketapang Tewas usai Tertimpa Pohon Tumbang

Kamis, 23 Maret 2023 | 05:03 WIB

Momen Puan Maharani Cicip Mie Ayam Khas Pontianak

Senin, 20 Maret 2023 | 18:16 WIB