Asal Usul Pencak Silat Budaya Indonesia

- Rabu, 24 November 2021 | 09:38 WIB
Screenshot_189
Screenshot_189

Koran Saku–Seni bela diri ini juga terkenal bukan hanyaIhanya di Indonesiamelainkan ada beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan menurut penyebaran berbagai kelompok etnis di nusantara.



Berkat peran pelatih dari Indonesia, Vietnam kini memiliki seni bela diri pencak silat juga dan membentuk Asosiasi juga di negaranya. Organisasi induk Pencak Silat di Indonesia ialah Asosiasi Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang menampung Asosiasi Pencak Silat di berbagai negara ialah Persak Silat Alliance antar negara (Persilat), yang terdiri dari Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.



Asal usul Pencak Silat



Produk dan warisan budaya Indonesia sangat kaya, dan negara-negara lain mengakui dan ingin menganggap bahwa warisan budaya mereka adalah kepulauan. Indonesia memilikinya di setiap daerah. Serta seni bela diri, yang cukup terkenal di beberapa negara seperti Asia Timur. Jepang memiliki judo, Korea memiliki taekwondo dan Amerika Latin memiliki kapoera. Kemudian Indonesia memiliki Pencak Silat.



Menurut sumber IPSI atau singkatan dari Asosiasi Pencak Silat Indonesia, yang merupakan sumber pengetahuan dan informasi tentang Pencak Silat Nusantara. Dikatakan bahwa Pencak Silat ada karena situasi dan kondisi yang ada. Karena itu, banyak gerakan pencak-silat dapat berada dalam posisi defensif dan juga menjaga diri mereka sendiri.
Berikut ini adalah penjelasan untuk asal Pencak-Silat di Indonesia:



Silat sebagai seni bela diri turun temurun



Kelompok etnis di Indonesia tidak dapat dihitung karena jumlahnya sangat banyak. Namun masih ada peninggalan yang bisa menanganinya, termasuk seni bela diri. Pembelaan diri ini diteruskan dan selalu diajarkan kepada generasi berikutnya. Silat telah menyebar sejak abad ke-7 M dan belum diketahui di mana silat pertama kali muncul.



Namun demikian, kelompok etnis Melayu percaya bahwa Silat berasal dari semenanjung Malaka dan lebih khusus lagi dari pulau Sumatra. Demikian juga dalam sejarah Minang, seni bela diri dari Cina dan India ini memberikan pengaruh pada Silat, termasuk salah satunya, Pencak Silat.
Asal usul Pencak Silat dianggap sebagai kisah yang paling mungkin dan masuk akal, mengingat para pedagang barang antik datang ke Indonesia dengan berbagai efek dan memengaruhi budaya Indonesia. Selain itu, hasil dari budaya ini beradaptasi dan menyatu dengan seni bela diri asli.



Pencak Silat sebagai seni yang unik

Halaman:

Editor: Koran Saku

Tags

Terkini

10 Ucapan Sungkem Lebaran Idul Fitri Bahasa Jawa

Kamis, 28 April 2022 | 12:55 WIB

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah

Rabu, 27 April 2022 | 13:48 WIB

11 Kuburan di Pontianak Rusak, Polisi Kejar Pelaku

Senin, 28 Maret 2022 | 18:29 WIB

Paguyuban Jawa di Kubu Raya Gelar Seni Kuda Lumping

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:57 WIB

Khasiat Bawang Putih Tunggal Dengan Madu Asli

Minggu, 28 November 2021 | 04:40 WIB

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Rabu, 24 November 2021 | 10:32 WIB

Asal Usul Pencak Silat Budaya Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 09:38 WIB