Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

- Rabu, 24 November 2021 | 10:32 WIB
segudang-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-anda-1569208083
segudang-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-anda-1569208083

Anda mungkin sudah sering mendengar informasi terkait beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Selain memberi dampak positif untuk kesehatan, lidah buaya juga baik digunakan untuk kecantikan kulit dan wajah. Manfaatnya untuk kecantikan tidak lepas dari kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Lidah buaya bisa mengobati jerawat yang meradang


    1. Mengobati jerawat




Salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang sudah banyak diketahui adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang.Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat. Cara mengoleskan lidah buaya yaitu dengan menggunakan cotton bud sebanyak tiga kali sehari.


    1. Melembapkan kulit




Manfaat lidah buaya untuk kulit lainnya adalah melembapkan kulit. Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit berminyak. Namun, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering.Semua tidak lepas dari kandungan-kandungan seperti vitamin A, C, dan E yang terdapat di dalamnya. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap, setelah mandi.


    1. Mencegah keriput




Sebuah penelitian menyebutkan, manfaat gel tanaman lidah buaya membantu memperlambat penuaan kulit. Pada penelitian tersebut, lidah buaya terbukti meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit.

Iritasi kulit bisa menyebabkan kulit kering dan merah


    1. Mengatasi iritasi kulit




Penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, bisa membuat kulit menjadi kering dan teriritasi. Kandungan asam lemak dan enzim bradikinin pada lidah buaya, dapat membantu melembapkan kulit akibat penyakit-penyakit tersebut.


    1. Sebagai krim cukur alami




Manfaat lain dari tanaman lidah buaya yang bisa Anda rasakan adalah sebagai krim cukur alami. Tanaman ini sekaligus dapat berperan sebagai pelembap kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit.


    1. Pembersih make up alami




Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan untuk pembersih make up alami. Pakai bagian daging lidah buaya dan bersihkan, kemudian haluskan.Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Namun perlu diingat, bahwa ada sebagian orang sensitif terhadap lidah buaya. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya.


    1. Membantu mencerahkan wajah




Apakah lidah buaya bisa memutihkan wajah? Ya, kandungan aloe vera yang kaya vitamin C dan mineral lainnya dapat membantu memutihkan kulit dan menghapus noda di wajah. Jika dipakai secara rutin, kandungan antioksidan di dalam gel lidah buaya juga bisa membantu melembutkan kulit dan membuatnya lebih kenyal.


    1. Menjaga kesehatan rambut




Manfaat lidah buaya untuk rambut antara lain adalah mengurangi rasa gatal di kulit kepala, memperbaiki rambut rusak, mengatasi kulit berminyak, memperkuat rambut, mengurangi rambut rontok, dan membuat rambut sehat berkilau.Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai masker rambut. Oleskan lidah buaya pada kulit kepala kemudian diamkan selama sekitar 1 jam, kemudian bilas hingga bersih.

(Sehatq)

Halaman:

Editor: Koran Saku

Tags

Terkini

10 Ucapan Sungkem Lebaran Idul Fitri Bahasa Jawa

Kamis, 28 April 2022 | 12:55 WIB

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah

Rabu, 27 April 2022 | 13:48 WIB

11 Kuburan di Pontianak Rusak, Polisi Kejar Pelaku

Senin, 28 Maret 2022 | 18:29 WIB

Paguyuban Jawa di Kubu Raya Gelar Seni Kuda Lumping

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:57 WIB

Khasiat Bawang Putih Tunggal Dengan Madu Asli

Minggu, 28 November 2021 | 04:40 WIB

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Rabu, 24 November 2021 | 10:32 WIB

Asal Usul Pencak Silat Budaya Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 09:38 WIB