4 Macam Adat dan Hukum Suku Dayak Kalis Kalimantan Barat Yang Wajib Diketahui

- Minggu, 18 September 2022 | 14:20 WIB
Ilustrasi suku Dayak (Foto: pixabay)
Ilustrasi suku Dayak (Foto: pixabay)

KORANSAKU - Provinsi Kalimantan Barat terkenal banyak memiliki suku dan ras. Tapi walaupun banyak suku kehidupan warga selalu hidup damai dan harmonis. Salah suku yang paling disegani adalah suku Dayak Kalis.

Dayak Kalis, ada 4 jenis hukum adat. Keempat jenis hukum adat tersebut adalah Saut, Setanga'Baar, Pati Nyawa dan Adat Kampung.

Suku Dayak Kalis merupakan sub rumpun suku Dayak yang berdomisili di Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Menurut Bapak Raymundus Rondi (Temenggung Suku Dayak Kalis), mengatakan bahwa “Dayak Kalis sebenarnya adalah sub Suku Dayak yang berdiam di sepanjang Sungai Kalis. Menurut sejarahnya, puak rumpun Tamanik ini telah mendiami wilayah batang Kalis sejak ratusan tahun silam, dan kini jumlah populasinya telah mencapai lebih dari 3.000 jiwa yang tersebar di beberapa wilayah Kecamatan Kalis.

Baca Juga: Breaking News Polres Bengkayang Tangkap Satu Orang Bos Pendulang Emas Ilegal

Masyarakat Suku Dayak Kalis yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Suku Ruuk ini, dahulu sebenarnya berdiam di sepanjang Sungai Manday.  Namun karena ada perselisihan dan peperangan dengan masyarakat Suku Dayak Kantuk, akhirnya mereka pindah ke daerah lebih hulu lagi (pedalaman). Dalam perjalanannya mereka menemukan Sungai  Kalis yang merupakan anak Sungai Manday yang bisa menjadi sumber penghidupan mereka.

Sebelum terjadinya pemekaran wilayah menjadi Kecamatan Kalis, ada 5 (lima) desa yang dihuni oleh masyarakat Suku Dayak Kalis, tetapi pada waktu itu masuk ke dalam wilayah Kecamatan Manday. Kelima desa tersebut meliputi Desa  Kensurai, Desa Nanga Danau, Desa Tekudak, Desa Rantau Kalis, dan Desa Bahenap. Sejak tahun 1996 barulah kelima desa tersebut masuk ke dalam wilayah Kecamatan Kalis.  

Tatanan kehidupan masyarakatnya hingga kini masih memegang teguh aturan adat istiadat (hukum adat) nenek moyang yang diturunkan secara lisan oleh para tetua adat (Ulu Kampung, Ulu Banua) dan para pemegang adat yang ditunjuk. Yang dimaksud dengan hukum adat Dayak Kalis adalah hukuman atau aturan yang terdiri dari norma-norma kesopanan, kesusilaan, ketertiban, sampai kepada norma-norma keyakinan dan kepercayaan yang dihubungkan dengan alam gaib dan Sang Pencipta yang menjamin keadilan. Sedangkan Adat Kalis adalah suatu kebiasaan kehidupan masyarakat Kalis yang diakui, dipatuhi, dijalankan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya oleh seluruh masyarakat Kalis. Dan dapat dikatakan bahwa Adat Kalis merupakan persatupaduan kebudayaan, kerohanian, dan kemasyarakatan yang meliputi kehidupan keagamaan, kesusilaan, hukum, kemasyarakatan dan kekerabatan, bahasa, seni, teknologi, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Memasak Ayam Masak Jahe Dijamin Lezat dan Menggugah Selera

Sesuai dengan perkembangan jaman, perlu adanya upaya pelestarian nilai-nilai adat istiadat leluhur ini agar tetap terjaga kelestariannya. Sebagai upaya melestarikan adat istiadat leluhur, dipandang perlu menginventarisir kembali serta membukukan nilai-nilai adat khususnya yang bersifat mengatur. Upaya pertama penulisan hukum adat Suku Dayak Kalis telah dilakukan melalui Musyawarah I Masyarakat Adat Dayak Kalis pada tahun 1997 khususnya oleh kelompok kerja hukum adat yang dikoordinir oleh Bapak Y.P Paolanus, SH dengan narasumber para tetua adat kampung. Upaya penyempurnaan terus dilakukan dengan tetap mengacu pada nas-nas murni serta istilah pokok yang digunakan berikut penyesuaian nilai adat yang dikaitkan dengan nilai rupiah.

Halaman:

Editor: Ngadri

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Ucapan Sungkem Lebaran Idul Fitri Bahasa Jawa

Kamis, 28 April 2022 | 12:55 WIB

10 Ucapan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah

Rabu, 27 April 2022 | 13:48 WIB

11 Kuburan di Pontianak Rusak, Polisi Kejar Pelaku

Senin, 28 Maret 2022 | 18:29 WIB

Paguyuban Jawa di Kubu Raya Gelar Seni Kuda Lumping

Selasa, 15 Maret 2022 | 18:57 WIB

Khasiat Bawang Putih Tunggal Dengan Madu Asli

Minggu, 28 November 2021 | 04:40 WIB

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan

Rabu, 24 November 2021 | 10:32 WIB

Asal Usul Pencak Silat Budaya Indonesia

Rabu, 24 November 2021 | 09:38 WIB