HUT Kota Pontianak ke-251 Ribuan Warga Tari Zapin

- Senin, 24 Oktober 2022 | 01:06 WIB
Memeriahkan hari jadi Kota Pontianak ke-251 ribuan warga menari jepin masal di Jalan Rahadi Oesman, Pontianak Kota Minggu, 23 Oktober 2022 (Foto: KORANSAKU.com/prokopim)
Memeriahkan hari jadi Kota Pontianak ke-251 ribuan warga menari jepin masal di Jalan Rahadi Oesman, Pontianak Kota Minggu, 23 Oktober 2022 (Foto: KORANSAKU.com/prokopim)

KORANSAKU - Memeriahkan hari jadi Kota Pontianak ke-251 ribuan warga menari jepin masal di Jalan Rahadi Oesman, Pontianak Kota Minggu, 23 Oktober 2022. Tari jepin ini diikuti oleh orang dewasa hingga anak-anak.
 
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, dengan kemeriahan yang terlaksana selama awal bulan Oktober itu, menandakan awal kebangkitan Kota Pontianak setelah dilanda pandemi selama dua tahun. Berbagai aktivitas masyarakat yang dulu terhenti, namun kini dapat kembali seperti semula atau bahkan lebih baik dari sebelum pandemi.

Baca Juga: BMKG Kalbar : Hujan Lebat dan Angin Kencang Masih Terjadi di Kalbar

“Alhamdulillah kita sudah bisa melewati semua itu, sekarang saatnya kita melanjutkan pembangunan,” ujarnya.

Ia menambahkan Pemerintah Kota (Pemkot) telah melakukan banyak evaluasi di berbagai sektor, khususnya optimalisasi pelayanan, infrastruktur pembangunan dan sumber daya manusia sampai pertumbuhan ekonomi. Edi mengatakan, angka pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak menyentuh angka 5,6 persen, di mana saat pandemi covid sudah mencapai -3,9 persen.

“Pembangunan manusia mengalami peningkatan signifikan. Target kita pada tahun 2023 angka Indeks Pembangunan Manusia adalah 80. Artinya, jauh di atas rata-rata nasional dan merupakan tertinggi di Kalimantan Barat,” tambahnya.

Baca Juga: Resep Rawon Daging Sapi Sederhana dan Praktis, Cocok Buat Ide Jualan

Setiap tahunnya, jelas Edi, penduduk di Kota Pontianak bertambah sebesar 1,6 persen. Jumlah penduduk yang telah mencapai 673.129 jiwa memiliki tantangan menuju kebangkitan.

“Seperti produksi sampah yang akan meningkat, kebutuhan air bersih bertambah dan masalah transportasi. Kota Pontianak sebagai Ibu Kota Provinsi, tidak bisa berdiri sendiri. Sebagai barometer provinsi, tentu kita berharap adanya kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan antar daerah di sini,” ujarnya.

Di sektor infrastruktur, pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I dan penataan Jalan Sultan Hamid tengah berjalan. Selain itu juga penyelesaian pembangunan Rumah Sakit di Siantan dan pemantapan jalan lingkungan maupun pembangunan Waterfront sampai Pelabuhan Seng Hie.

Halaman:

Editor: Ryan Restu Putra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tutup Hari Raya Imlek, 26 Replika Naga Dibakar

Senin, 6 Februari 2023 | 21:00 WIB

Danau Biru Singkawang, Bak Danau Di Eropa

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:08 WIB

Singka Zoo, Kebun Binatang Satu-Satunya milik Kalbar

Senin, 30 Januari 2023 | 14:47 WIB

Wisata Air Terjun Sibuhe Singkawang

Rabu, 25 Januari 2023 | 17:43 WIB

Rekomendasi Objek Wisata Pemandian Kota Singkawang

Selasa, 24 Januari 2023 | 20:24 WIB